1. Introduction

Apa kabar? Selamat datang di blog yang sederhana ini.

Di halaman ini kita akan sama-sama belajar bahasa Inggris. Sebelum kita lanjut, sebaiknya kita berkenalan dulu. Apa kabar? Nama saya Abdi. Saya seorang guru. Saya dari Bandung. Siapa nama anda?

Oh ya, kita coba berkenalan dalam bahasa Inggris. How are you? My name is Abdi. I am a teacher. I am from Bandung. What is your name?

Wah, kita sekarang sebetulnya sudah mulai belajar bahasa Inggris.

How are you? = Apa kabar?

My name is Abdi = Nama saya Abdi

I am a teacher = Saya seorang guru

I am from Bandung = Saya dari Bandung

What is your name? = Siapa nama anda?

Dalam bahasa Inggris, semua kalimat menggunakan verba atau kata kerja. Dalam bahasa Indonesia pun kalimat pada umumnya sama menggunakan verba, tetapi tidak semua, misalnya saja, ketika saya memperkenalkan diri:

Apa kabar? Nama saya Abdi. Saya seorang guru. Saya dari Bandung. Siapa nama anda?*

Tidak ada verba dalam dua kalimat di atas. Tapi jika saya memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, meskipun hanya memperkenalkan nama, kita tetap menggunakan verba.

How are you?

My name is Abdi.

I am a teacher.

I am from Bandung.

What is your name?

‘Is’ dan ‘am’ dalam kalimat-kalimat di atas adalah verb “to be”.

Nah, jelas kan?

*Catatan:

Kata ‘what’ dalam bahasa Inggris sebetulnya berarti ‘apa’, tetapi kalimat “what is your name?” saya terjemahkan “siapa nama anda?”

Penerjemahan ‘what’ menjadi ‘siapa’ sebetulnya kurang tepat, tetapi karena dalam bahasa Indonesia pertanyaan nama biasanya dengan menggunakan kata ‘siapa’, maka “what is your name?” diterjemahkan “siapa nama anda?”. Hal ini dilakukan hanya untuk menyesuaikan dengan konteks dan kebiasaan penggunaan kalimat tersebut dalam bahasa kita saja, tetapi untuk penerjemahan ‘what’ dalam kalimat yang berbeda, harus tetap diterjemahkan ‘apa’.

Ok, sekarang akan kita lanjutkan dengan pembahasan verb “to be”.

Verb “to be” yaitu ‘am‘, ‘is‘ dan ‘are‘. Masing-masing memiliki pasangannya sendiri-sendiri, yaitu:

I (saya) -> am, atau disingkat menjadi I’m

He (dia [laki-laki/lk]) -> is, atau disingkat menjadi He’s

She (dia [perempuan/pr]) -> is, atau disingkat menjadi She’s

It (ini/benda) -> is, atau disingkat menjadi I’s

We (kami/kita [lk+pr]) -> are, atau disingkat menjadi We’re

You (anda/kalian [lk+pr]) -> are, atau disingkat menjadi You’re

They (mereka [lk+pr]) -> are, atau disingkat menjadi They’re

Contoh:

I am a teacher (saya seorang guru)

He is a labor (dia [lk] seorang buruh)

She is a shopkeeper (dia [pr] seorang penjaga toko)

It is a blog (ini sebuah blog)

We are humans (kita adalah manusia)

You are a student (anda seorang pelajar)

They are Americans (mereka orang Amerika)

*Catatan:

1. Penulisan kata ‘I’ (saya) harus selalu dengan huruf kapital/besar, tidak boleh dengan huruf kecil.

2. It digunakan sebagai kata ganti tidak hanya untuk benda mati, tetapi juga makhluk hidup (hewan atau tumbuhan) yang tidak diketahui jenis kelaminnya.

Mudah kan?

Ok, sekarang kita coba ulangi lagi penggunaan verb ‘to be’ dalam perkenalan saya sebelumnya. Isi kata yang kosong (titik-titik) dengan memilih salah satu verb ‘to be’ yang tepat: am, is atau are.

How …… you?

My name …… Abdi?

I …… from Bandung.

I …… a teacher.

What …… your name?

Kalau ragu dengan jawaban anda, silahkan bandingkan dengan penggunaan ‘to be’ pada perkenalan saya di atas. Bagaimana, sudah sesuai semua?

Bagus kalau begitu. Kenapa tidak coba dengan memperkenalkan diri anda? Nama ‘Abdi’ tentu saja diganti dengan nama anda sendiri, nama kota asal seperti ‘Bandung’ juga diganti dengan asal kota anda, dan keterangan pekerjaan seperti ‘teacher’ diganti dengan pekerjaan anda sendiri. Silahkan berlatih dengan teman anda, atau anda juga bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk memulai🙂

Leave a Reply

